Bagi Anda yang ingin menggunakan kawat gigi / dental braces, maka Anda juga perlu mengetahui macam-macam kawat gigi / bracket gigi tersebut. Dengan demikian Anda bisa mengetahui mana jenis behel / kawat gigi yang Anda inginkan. Disamping itu, Anda juga bisa lebih menyesuaikan harganya sesuai dengan anggaran yang dimiliki. Namun sekedar saran, sebaiknya Anda memilih jenis/ macam kawat gigi cekat dengan kualitas yang terbaik. Ini untuk meminimalisir efek negative dari penggunaan gigi kawat. Atau bagi Anda yang merasa alergi dengan metal, sebaiknya menghindari penggunaan gigi kawat yang terbuat dari metal atau logam tersebut. Tampil cantik tapi tetap harus dengan cara-cara yang cerdas. Berikut ini beberapa jenis/ macam-macam gigi kawat yang ada di pasaran:

1. Gigi kawat yang terbuat dari metal / metal braces

Ini merupakan bahan  behel yang paling banyak digunakan orang. Behel metal terbaik adalah buatan USA / German yang memiliki kualitas jangka panjang. Pilih produk terbaik untuk kebaikan gigi Anda. Namun demikian, mereka yang memiliki alergi terhadap logam perlu berhati-hati atau sebaiknya menghindari bahan behel yang satu ini.

2. Behel estetis / Ceramic bracket

Jenis behel estetis merupakan behel yang memiliki warna serupa gigi. Jadi bagi Anda yang ingin memakai behel namun tidak ketara dan terlihat jelas oleh orang lain bisa memilih jenis bahan ini. Sama seperti metal, bahan ini cukup nyaman untuk dipakai mengunyah, berbicara dan sebagainya.

3. Invisalign

Ini merupakan cara perawatan gigi yang tidak diketahui orang. Orang tidak akan tahu bahwa Anda sedang melakukan proses perbaikan gigi. Invisalign dengan menggunakan alat yang bisa dipasang dan dilepas sendiri. Bahannya berupa plastic transparan yang dipasangkan pada gigi. Alat ini dibuat sesuai dengan bentuk gigi menggunakan teknologi tiga dimensi dengan bantuan computer. Secara berkala yakni selama 2 minggu sekali, alat ini akan diganti. Namun demikian, alat ini hanya ideal dipakai untuk kasus-kasus perbaikan gigi yang ringan. Bila memperbaiki kasus berat, artinya invisalign tidak dianjurkan.

4. Behel damon / Damon Braces

Bentuk behel damon menyerupai behel metal, hanya saja alat ini memiliki pengunci sendiri. Bahan damon memiliki keunggulan yakni lebih higienis dan nyaman untuk dipakai. Gigi bisa lebih leluasa bergerak, stabil dalam pergerakannnya dan tidak memerlukan control yang ekstra seperti pada bahan behel lainnya.

5. Behel lepasan

Behel ini biasanya dipakai untuk anak-anak usia SD yang sedang melakukan perawatan perbaikan bentuk gigi. Behel ini dipasang sepanjang hari dan dilepas saat akan makan. Bentuknya mirip kawat biasa yang dipasangkan pada bagian gigi. Behel ini pun hanya untuk memperbaiki kasus ringan.

Nah, jenis behel apa yang akan Anda pilih untuk memperbaiki kelainan pada gigi Anda? Sebaiknya Anda konsultasikan ke dokter gigi spesialis kawat gigi / orthodontis. Semuanya tentu bergantung pada tingkat kelainan gigi yang Anda alami. Dan juga soal anggaran. Keinginan Anda untuk mendapatkan jenis dan kualitas terbaik dari behel / kawat gigi yang Anda pilih juga akan menentukan. Yang jelas, Anda harus tetap selektif memilih kualitas dental braces di pasaran yang memang benar-benar sesuai standar pengobatan. Jangan menggunakan behel yang dibuat hanya untuk mengikuti trend saja, karena hal itu tentunya akan memberikan dampak negatif bagi kualitas kawat gigi itu sendiri. Alih-alih ingin tampil modis dan trendy, malahan gigi Anda akan bermasalah di kemudian hari. Perbanyak lah membersihkan gigi karena cara ini adalah cara terbaik  bagi mereka yang menggunakan kawat gigi. Masalah kawat gigi pada umumnya terjadi karena kurangnya kebersihan para pengguna behel itu sendiri.


BARUSAN DILIHAT

BELUM ADA YANG DI LIHAT
Bandingkan 0