Pertanyaan ini seringkali dilontarkan oleh para bunda yang melihat adanya indikasi jika anaknya memiliki susunan gigi yang tidak rapi. Menurut Asosiasi Ortodontis Internasional, waktu yang paling tepat untuk mendatangi Dokter Gigi Spesialis Ortodonti (ortodontis) adalah pada waktu usia anak mencapai 7 tahun. Hal ini bertujuan untuk mendeteksi maloklusi gigi sedini mungkin.

Pada umumnya memang susunan gigi yang tidak rapi akan mulai terlihat di usia antara 6 – 12 tahun saat gigi tetap anak mulai tumbuh. Sehingga pada usia ini seorang anak sedang mengalami masa gigi campuran, yaitu gigi-giginya terdiri dari gigi sulung dan gigi permanen. Pada masa ini pula, seorang ortodontis mampu mendeteksi kelainan hubungan perkembangan rahang dengan gigi-gigi permanennya.


Perawatan behel bisa dimulai antara usia 8 – 14 tahun. Perawatan yang dimulai saat anak dalam masa pertumbuhan bisa memberikan hasil optimal karena dapat memodifikasi arah pertumbuhan rahang dan giginya. Ini terutama bila anak mengalami masalah pada rahangnya, semisal rahang bawahnya lebih maju dibandingkan rahang atas, atau sebaliknya rahang atas jauh lebih maju dibangdingkan rahang bawahnya. Namun, tidak semua kasus perlu dipasang behel sejak dini


BARUSAN DILIHAT

BELUM ADA YANG DI LIHAT
Bandingkan 0